Mukadimah

Fa’il Maf’ul Informasi

Dengan semakin derasnya arus informasi, manusia di era ini , sedang mengahadapi sebuah persoalan yang belum pernah dihadapi  oleh generasi-generasi sebelumnya. kekaburan akan fakta realitas menjadi persoalan paling mendasar. Fenomena menyemaraknya buzzer-buzzer semakin membuat ketidak jelasan kebenaran, dan menjadikan nya sebuah post truth yang dimana hal itulah yang menjadi sumber atau benih dasar dari penyakit sosial.

Manusia hari ini singkatnya belum mampu menghadapi perubahan dan melakukan counter ideas terhadap globalisasi kebudayaan . 

Anthony Giddens pada tahun 1999 pernah berkata bahwa “teknologi komunikasi elektronik yang serba-segera ini bukan sekedar alat untuk menyampaikan berita dan informasi secara cepat. Ia mengubah seluruh hidup kita sampai yang sekecil-kecilnya”. dan semakin terbukti sekarang  bahwa Ia benar.

Sendi-sendi kehidupan kita telah berubah.

“Internetisasi” segala macam aspek kehidupan manusia pada saat ini memiliki dampak yang cukup serius pada cara manusia dalam menerima kebenaran. Sebelum dunia dikepung oleh kekuatan internet, informasi mengenai pengetahuan merupakan hal yang sangat mahal dan sulit untuk ditemukan.

Itulah sebabnya manusia pada masa sebelum internet berlomba-lomba mencari kebenaran pengetahuan tersebut dengan cara saling menguji dan mengkritisi. Manusia pada masa sebelum internet mengejar kebenaran pengetahuan sebagai sesuatu yang “mahal”.

Singkat kata bahwa kita semua sedang mengalami alienasi 3.0.  

Ada bias informasi antara subjek dan objek Informasi yang kita terima.

Untuk lebih lengkapnya mangga dipersilahkan untuk hadir di Majlis Jamparing asih di Pondok Pesantren anak jalanan At Tamur untuk saling sharing,berbagi pengetahuan dan mensinaui diri dan apa yang nampak pada diri.

Ditunggu kehadiranya.